Liga1 Di Kepung Pelatih Asing

Tiga bulan sebelum Liga 1 2019 akan berjalan, beberapa klub telah dipastikan berganti pelatih. Hanya enam tim yang dipastikan mempertahankan pelatih mereka musim lalu, termasuk dua tim promosi yakni Semen Padang dan PSS Sleman.
Artinya 12 klub lainnya dipastikan berganti pelatih, namun tiga tim di antaranya hingga kini belum menentukan siapa sosoknya. Ketiga tim itu adalah PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Perseru Serui. Sisanya sudah menunjuk arsitek anyar.
Dari komposisi kewarganegaraan, kembali pelatih asing dominan musim ini. Seperti contoh, tim papan atas Persija Jakarta dan Madura United yang menunjuk Ivan Kolev dan Dejan Antonic. Begitu juga Bali United yang kini ditangani Stefano Cugurra yang musim lalu membesut Persija.
PSM dan Bhayangkara FC sudah memastikan kalau mereka bakal mendatangkan pelatih asing. Meskipun hingga kini belum menentukan siapa sosoknya.
Sejauh ini hanya enam pelatih lokal telah dipastikan menangani tim Liga 1. Fakta ini memberi tantangan tersendiri buat pelatih lokal. Mereka dituntut untuk menunjukkan kemampuannya tidak kalah dengan pelatih asing.

Pelatih Lokal

Persebaya: Djadjang Nurdjaman
PSIS: Jafri Sastra
Persela: Aji Santoso
PS Tira: Rahmad Darmawan
PSS: Seto Nurdiyantoro
Semen Padang: Syafrianto Rusli

Pelatih Asing

Persija: Ivan Kolev
Persib: Miljan Radovic
Arema FC: Milomir Seslija
Borneo FC: Fabio Lopez
Madura United FC: Dejan Antonic
Barito Putera: Jacksen F. Tiago
Bali United FC: Stefano Cugurra
Persipura: Luciano Leandro
Kalteng Putra: Gomes De Oliveira

Belum punya pelatih

PSM: ?
Bhayangkara FC: ?
Perseru: ?

bagaimana persaingan kedepanya di liga1 patut ditunggu talenta lokal atau pelatih luar yang berjaya (sepakbola.com)

GilaBola/ Rhidwan Mohamad

Komentar