Arema Sang Juara Dengan Sejarah Baru

Arema FC membuat sejarah dengan meraih dua kali juara Piala Presiden. Singo Edan memastikan gelar juara Piala Presiden 2019 setelah menang agregat 4-2 atas Persebaya Surabaya.
Piala Presiden kini tak memiliki juara baru. Sejak digelarnya turnamen pramusim Liga 1 pada 2015, selalu menampilkan juara baru. Kini, Arema FC mampu menembus tradisi turnamen tersebut.
Tahun 2015 menjadi gelaran pertama turnamen Piala Presiden. Ketika itu Persib Bandung menjadi juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.
Gelaran Piala Presiden edisi kedua terjadi pada tahun 2017. Arema FC yang bertemu Pusmania Borneo FC menciptakan juara baru. Kera-kera Ngalam menjadi juara setelah menang 5-1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.
Musim berikutnya, lagi-lagi Piala Presiden mendapatkan juara baru. Persija Jakarta kali ini merebut trofi kayu Piala Presiden di depan pendukungnya, Jakmania.
Macan Kemayoran menang 3-0 atas Bali United. Laga tersebut kembali digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Penyerang Marko Simic menjadi tokoh utama dalam gelaran tahun 2018.
Kini, Piala Presiden telah usai. Tapi berbeda dengan tiga gelaran sebelumnya yang memakai format satu pertandingan. Kali ini Piala Presiden 2019 memakai dua leg alias kandang dan tandang.
Menariknya, laga final mempertemukan dua kutub sepak bola di Jawa Timur, yakni Arema FC dan Persebaya Surabaya. Keduanya memiliki pendukung yang fanatik dan rivalitas yang sudah mengental secara turun temurun.
Arema FC dan Persebaya menjadi duel ideal. Singo Edan dan Bajul Ijo menjadi tim yang belum terkalahkan sejak fase grup. Final menjadi laga yang ditunggu-tunggu, tak hanya bagi publik sepak bola Jawa Timur tapi masyarakat sepak bola Indonesia.
Persebaya yang menjadi tuan rumah pada leg pertama, ternyata gagal mendapatkan poin penuh. Arema FC yang bermain di bawah tekanan Bonek malah tampak lepas dan membawa oleh-oleh hasil 2-2 ke Malang.
Stadion Kanjuruhan, Jumat (12/4/2019). Stadion keramat Arema selain Stadion Gajayana, menjadi saksi klub kebanggan Arek Malang meraih juara Piala Presiden yang kedua kali.
Gol Hardianto pada menit 43 dan Ricky Kayame pada menit berdarah 90+2 menjadi penanda pesta Arema di Piala Presiden 2019. Arema mampu menggondol trofi Piala Presiden kembali setelah tahun 2017.
Meminjam istilah anak-anak Jakmania, 'Menembus Tradisi' pantas disematkan Arema pada Piala Presiden 2019. Ya, juara lagi yang kedua kalinya di turnamen pramusim paling glamor di Indonesia.(bolalob)

Komentar